MENJADI BERKAT DI SAAT SUSAH


Bacaan: Mazmur pasal 142: ayat 1-8

Perhatikanlah teriakku, sebab aku telah menjadi sangat lemah. Lepaskanlah aku dari pada orang-orang yang mengejar aku, sebab mereka terlalu kuat bagiku." (Mazmur 142:7)

Memang mudah mengatakan hal-hal yang baik, menghibur, dan menguatkan orang lain di saat kita sedang dalam keadaan baik dan tanpa masalah. 

Tetapi kalau diri kita sendiri sedang mengalami situasi sulit atau dalam kondisi yang buruk, mampukah mempertahankan konsistensi untuk selalu berkata baik, menghibur, dan menguatkan? 

Jangankan menguatkan orang lain, menghibur diri sendiri saja mungkin sulit. Yang terjadi adalah kita mengasihani diri sendiri dan tidak peduli dengan orang lain.

Mari belajar dari pengalaman hidup Daud. Ketika itu Daud sedang dalam tekanan yang hebat, karena dikejar-kejar Saul yang hendak membunuhnya. 

Daud pun melarikan diri dan bersembunyi di gua Adulam dengan maksud menenangkan diri dan berlindung.

Daud mengungkapkan jerit hatinya kepada Tuhan dan memohon pertolongan-Nya, 

Aku mencurahkan keluhanku ke hadapan-Nya, kesesakanku kuberitahukan ke hadapan-Nya." (Mazmur 142:3)

Selanjutnya, apa yang terjadi di dalam gua itu,

Berhimpunlah juga kepadanya setiap orang yang dalam kesukaran, 

Bersama-sama dengan dia ada kira-kira empat ratus orang."

 (1 Samuel 22:2)_

Di dalam gua itu banyak orang yang sedang datang kepada Daud, yang jumlahnya kira-kira empat ratus orang.

Tidak bisa dipungkiri bagaimana reaksi Daud saat itu, ia yang sebenarnya membutuhkan kekuatan, penghiburan dan dorongan semangat, 

justru mendapat kiriman Tuhan orang-orang yang bernasib sama ke tempat persembunyiannya, untuk dihibur dan dikuatkan olehnya.


Seperti yang ditulis oleh Salomo,

Besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya." (Amsal pasal 27 ayat 1)

Melalui kehadiran orang-orang yang bermasalah, Daud diharapkan mampu menjalankan perannya sebagai konselor, bahkan menjadi pemimpin atas mereka.

Berbicara tentang kepemimpinan berarti berbicara juga tentang keteladanan.Meskipun Alkitab tidak mencatat secara detil kejadian di gua Adulam itu, kita percaya bahwa 

Daud mampu menunjukkan kualitas hidup yang berbeda. Tuhan punya cara yang ajaib untuk menolong dan membangkitkan semangat Daud,

Keluarkanlah aku dari dalam penjara untuk memuji nama-Mu. Orang-orang benar akan mengelilingi aku, apabila Engkau berbuat baik kepadaku." (Mazmur pasal 142 ayat 8)

Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita."

 (Roma pasal 8 ayat 37)


Berbahagialah orang yang melakukan firman Tuhan.


Tuhan Yesus Kristus memberkati.